Cara mengetahui bakalan / piyek Burung perkutut jantan atau betina


Jika anda penggemar burung perkutut yang baru aja masuk dan belajar memelihara burung perkutut ini memang agak sulit untuk membedakan mana yang jantan dan mana yang betina karena kalau dipandang sekilas memang sama bulunya tetapi ada hal-hal lain atau ciri khusus untuk mengetahui bakalan burung perkutut itu jantan atau betina meski teori ini juga tidak menjamin 100 persen betul. Berikut cara membedakan bakalan perkutut jantan dan betina dan juga bisa di gunakan untuk membedakan perkutut yang sudah dewasa.

  1. Perbedaan kelamin jantan-betina pada perkutut muda, bisa diketahui dengan merabah supitnya (tulang yang terletak di bawah dubur dan di antara pangkal paha). Caranya, tubuh burung dipegang dengan tangan kiri, lalu diraba tulang supitnya dengan telunjuk kanan atau ibu jari. Kalau bagian supit itu terasa sempit dan keras, tak diragukan lagi, pasti burung jantan. Jika terasa renggang dan empuk, itu burung betina, meski hal ini tidak sepenuhnya betul tetapi sebagian besar begitu.
  2. Bentuk kepala burung jantan umumnya berukuran lebih besar dan agak bulan atau lonjong memanjang. Sedangkan betinanya lebih kecil agak membulat atau lonjong. Kalu melihat dari segi pupur nya sebenarnya lebih susah.
  3. Ukuran fisik perkutut jantan biasanya lebih besar dibandingkan dengan yang betina.(Biasanya dalam 1 tarangan yang besar, itu yang jantan).Atau di pegang dan dirasa kalu sudah terbiasa yang betina ukurannya lebih kecil dari yang jantan waktu di gengam (bth pengalaman).
  4. Rata-rata suara perkutut jantan lebih keras dibandingkan yang betina dan tidak menutup kemungkinan ada jantan yang bersuara kurang keras. Tetapi sedikit sekali betina yang bersuara keras.

Tidak ada komentar:

Alamat Kami:

Alamat Kami:

Cara Pembelian dan Pengiriman