Cara Meng Open Burung Perkutut

Burung Perkutut paling suka suasana panas atau suka dijemur, tetapi jika terkena kendala mendung atau tiap hari hujan terus atau daerah dingin pegunungan tidak ada salahnya untuk di coba di Open, dikasih panas buatan dari lampu dop 5 watt 2 biji di taruh di dalam sangkar.
Efek dari panas lampu dop ini ternayata besar juga kasiatnya, jika burung kedinginan dan ndak tertolong maka burung akan berak putih lalu kurus dan mati, hal ini ditandai dengan bulu yang mengkorok atau menjadi gembung seperti balon, bulu berdiri semua, itu karena kedinginan atau juga bisa cacingan, kalau kedinginan di Open, dan kalau cacingan segera dikasih obat cacing.
Burung yang sy open biasanya berumur 2,5 bulan (selepas di sapih dari induknya) sampai 5 bulan, meski jarang sekali sy jemur tapi tetep sehat meski di taruh di dalam rumah.
Terinspirasi  dari bayi yang di open di rumah sakit dr.sudono madiun (pavilium merpati)
Sewaktu Istri sakit sakitan dalam 4 bulan keluar masuk rumah sakit sampai 11 kali, saya selalu mondar mandir di ruang kebidanan mengamati perlakuan perawatan bayi.
Sampainya dirumah maka sy terapkan pada burung perkutut peliharaan sy karena ndak ke urus yang masih kecil banyak yang mati, Na ini Foto nya .... :)


Taruh Bola lampu agak kebawah, dan tangkringan juga agak kebawah sehingga burung dekat dengan tempat makan dan minum, jika tangkringan terlalu ke atas burung malas turung ke bawah untuk makan dan minum





Setelah saya terapkan metode seperti ini, manfaatnya luar biasa... :)
Sisi Positif:
Burung jauh lebih sehat dari pada ndak di open
Burung tidak mudah sakit
Siang dan malam bisa makan dan minum sehingga burung cepat besar
Burung yang sakit juga bisa di terapi seperti ini, hasilnya burung akan membaik, pulih menjadi sehat kembali
Sisi Negatif:
Bola lampu sering putus karena tertabrak si burung.(Kalu listrik naik sedikit itu wajar karena pemakaian juga bertambah).
Kesimpulan: 
Sisi positih jauh lebih besar dari pada sisi negatifnya...
Kerugian bola lampu cuma 3000 rupiah jika bola lampu mati sedang kerugian jika burngnya yang mati adalah 500rb, jadi mending bola lampunya yang mati dari pada burungnya yang mati hehehe ...:)

Thk Telah baca artikel sy ini, semoga bermanfaat bagi anda :) ....
Jaya terus Kung Mania ......

Tidak ada komentar:

Alamat Kami:

Alamat Kami:

Cara Pembelian dan Pengiriman