Cara Menangkar Perkutut Disangkar

Hal pertama yang dilakukan adalah menyediakan kandangnya dulu, kandang bisa berupa sangkar burung lovebird (kotak memanjang), berilah atap dari karpet talang dan tarangan dua buah taruh di bagian pojok agak keatas. Pada bagian tengah berilah tangkringan agak kebawah aja, jangan terlau tinggi, taruh ditengah agak kebawah. Hal ini memudahkan perkutut waktu kawin.
Setelah sangkar siap dihuni kita memilih perkutut yang akan kita ternak, Tip memilih induk jantan dan betina, yang jantan memiliki postur tubuh yang lebih besar dari yang betian, dengan supit urang yang lebih rapat, sedang yang betina memiliki postur tubuh yang lebih kecil dari yang jantan dan memiliki supit urang yang lebih longgar atau agak lebar.
Setelah kita memilih induk yang cocok kemudian kita jodohkan, cara menjodohkan sangat gampang. Cabut bulu sayap yang jantan 3 helai kanan dan kiri, setelah itu masukkan ke sangkar kotak, dijamin si betina bakal aman tidak dihajar sama pejantannya. Setelah 3 hari dijamin langsung jodo, tidur udah berdekatan, proses selanjutnya adalah kawin, proses kawin dimulai dengan burung saling meloloh, atau loloh lolohan, trus  kawin tidak sunguhan jadi si pejantan naik ke betina lalu turun lagi, naik lagi lalu turun lagi, baru kawin sesungguhnya seperti burung yag lain, dan akirnya bertelor dan  punya anak, setelah punya anak, biarkan akan diasuh oleh induknya sendiri. Setelah bisa makan sendiri baru di petet, induk betina pasti udah bertelor lagi, sy mengamati jika burung udah bisa terbang dan makan sendiri kira kira 2 minggu turun dari tarangan, si induk betina udah mengeram lagi ... mantap pokoknya ...:)

Tidak ada komentar:

Alamat Kami:

Alamat Kami:

Cara Pembelian dan Pengiriman