Tip Merawat Burung Perkutut Agar Rajin Bunyi

Burung Perkutut akan rajin bunyi bila kondisi badannya sehat hal ini bisa diketahui dari bulu yang bagus tidak rontok dan tidak mengkorok, burung tidak terlalu kurus, kotoran kering yang tidak berbau. Dan agar burung tetap sehat maka berikan pakan yang bergizi serta beri vitamin pada minumannya. Untuk pakan yang bergizi anda bisa membeli dikios pakan burung terdekat rumah anda, begitu juga vitaminnya.

Jika anda melihat burung perkutut anda sakit yang di tandai dengan kotoran basah dan bau, kotoran putih, kotoran hijau, tidak mau makan, badan kurus, tidak mau bunyi, bulu mengkorok segera lakukan pertolongan pertama jika bulu menkorok ada kemukinan cacingan, anda bisa memerikannya obat cacing secukupnya, jangan dimandikan dan taruh ditempat yang kena sinar matahari maksimal sampai jam 10 pagi lalu masukkan kerumah. Jika berak putih dan hijau agak sulit penangannanya biasanya karena musim dingin dan burung kurang kena panas sehingga bulu mengkorok dan berak putih lalu seminggu kemudian mati.

Baiknya seminggu sekali dimandikan ini akan membuat perkutut lebih jinak dan tidak mudah takut, belikan obat kutu yang ada di toko pakan burung, sering burung berbunyi dan tiba-tiba berhenti mendadak lalu dengan paruh menggaruk garuk bulu seperti ada kutunya. Wah.... kasihan banyak kutu yang menghisap darah si burung.

Kesimpulannya burung agar rajin bunyi adalah: Burung harus sehat (bebas kutu dan cacingan) dan burung sehat butuh makan dan minuman yang sehat serta sinar matahari yang cukup.

Salam Kung mania Naga Bf Madiun

Tidak ada komentar:

Alamat Kami:

Alamat Kami:

Cara Pembelian dan Pengiriman